Skip to content →

Apabila datang malam nishfu sya’ban, maka hidupkanlah malam tersebut dan berpuasalah di siang harinya. Karena ketika itu, Allah turun ke langit dunia pada malam tersebut mulai dari tenggelamnya matahari.

Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Siapa saja yang meminta ampunan, Aku akan mengampuninya. Siapa saja yang meminta rizki, aku pun akan memberinya. Siapa saja yang tertimpa kesulitan, Aku pun akan membebaskannya. Siapa pun yang meminta sesuatu, Aku akan mengabulkannya hingga terbit fajar”.

Untuk Informasi 15 Sya’ban jatuh pada tgl 17 Juli 2011. Jadi Malam Nisfu Sya’ban pada hari Sabtu tgl 16 Juli 2011 Malam Minggu (mulai sejak terbenamnya matahari).

Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang mengingatkan sesama tentang kedatangan bulan ini. Maka api neraka diharamkan baginya”

Mungkin dari anda ada yang bingung, “Bagaimana cara menghidupkan Malam Nishfu Sya’ban? apa dengan menyalakan api atau menyalakan semua lampu yang ada dirumah?”

Jangan bingung. Anda bisa mengerjakan sholat Nishfu Sya’ban pada Malam Nishfu Sya’ban dan pada hari Nishfu Sya’ban anda dapat mengerjakan puasa sunah.

Bagaimana cara melakukan sholat Malam Nishfu Sya’ban?

Niat Shalat Nisfu Syaban / Shalat Khoir:
Ushalli sunnatan nishfu syaban rakataini lillahi taala Allahu Akbar
(atau) Ushalli sunnatal khoir rakataini lillahi ta’ala Allahu Akbar
(atau) Ushalli sunnatal muthlaqi rakataini lillahi ta’ala Allahu Akbar

Shalat Nisfu Syaban dikerjakan pada malam ke lima belas bulan Sya’ban sebanyak 100 rakaat (2 rakaat-2 rakaat). Pada tahun ini bertepatan dengan tanggal 16 Juli 2011. Shalat Nisfu Sya’ban boleh dimulai sejak ba’da Maghrib. Tiap-tiap satu rakaat membaca Al-Fatihah dan Surat Al-Ikhlas 10 kali. Setiap dua rakaat satu salam, maka total 50 kali salam dan total surat al-ikhlas yang dibaca dalam 100 rakaat adalah 1000 kali.

Ulama salaf mengerjakan shalat Syaban ini dan memberi nama sholat ini Shalatul Khoir. Sulthonul Awliya Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani juga mengerjakan sholat Khoir ini.

Telah diriwayatkan dari Sayyidina Hasan Rohimahullah bahwasanya telah menceritakan tiga puluh sahabat Nabi kepadaku, “Barangsiapa yang melaksanakan sholat Nisfu Syaban pada malam ini Allah akan memandang padanya dengan 70 pandangan dan Allah memberikan padanya setiap pandangan 70 kebutuhan, yang paling dekat adalah maghrifoh Allah swt”.

 

Published in #ndobos

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *